4 KUNCI PERSIAPAN SEBELUM MARATHON

Butuh proses untuk bisa menaklukan rute panjang dari marathon. Untuk menuntaskan lari 5K, 10K, Half Marathon, sampai Full Marathon perlu latihan membuat tubuhmu terbiasa. Untuk menghindari cedera, ada 4 kunci persiapan yang perlu dilakukan sebelum mengikuti marathon, yaitu:

Perhatikan Kondisi Tubuh

Tidak bisa dipungkiri, untuk melewati rute yang panjang perlu kondisi tubuh yang prima. Ada baiknya untuk memeriksa kondisi tubuh sebelum mengikuti marathon. Dengan mengetahui kondisi tubuh, kita bisa mempersiapkan latihan yang tepat juga. Dengan itu, kita tetap bisa berlatih tanpa menambah resiko terkena cedera. 

 

Komitmen Pada Diri Sendiri 

Setelah mengetahui kondisi tubuh, mulailah menjadwalkan diri mengikuti program latihan. Ingat! Upaya yang keras akan berbuah manis pada akhirnya. Untuk itu, bisa mulai berkomitmen, setidaknya dengan berlari sekali dalam seminggu. Sebab, komitmen seperti bahan bakar yang sulit untuk dipadamkan. Jika sudah diiringi kemauan yang keras, lambat laun akan terbiasa. Bisa juga dengan menambah porsi berlari menjadi dua kali seminggu. Lama-lama tidak terasa, kita bisa berlari lima kali dalam satu minggu. Akhirnya, terbiasa dengan porsi latihan dan kita siap melalui rute marathon selanjutnya. 

 

Buat Menu Latihan

Saat jam kegiatan sulit disesuaikan dengan latihan, kita memerlukan menu latihan. Menu latihan bisa membuat kita tetap fokus pada program marathon. Setidaknya, dengan menentukan capaian apa yang akan dikejar menjelang detik-detik marathon. Untuk jenis latihan yang bisa dilakukan adalah strength training, long run, atau speed session. Strength training contohnya, menu latihan yang tersedia adalah plank, squat, sit up, back up, atau push up. Menu ini bisa juga dilakukan secara berkala, tapi ingat tidak perlu terlalu memaksakan diri! Buat tubuh tetap terhindar dari resiko cedera.

 

Jaga Konsistensi

Jaga konsistensi latihan kadang cukup sulit. Ada kalanya kita ingin beristirahat sepulang kerja. Namun, upaya yang keras nantinya akan terbayar juga! Untuk itu, persiapkan diri seutuhnya! Walaupun lelah, kita bisa beristirahat sebentar, lalu menyantap menu latihan lagi. Dengan konsistensi yang dimiliki, rute marathon akan bisa terlewati!

 

Sebelum berlari marathon butuh kemauan yang keras. Semakin matang latihan yang dijalani, semakin lancar proses kita saat berlari. Untuk itu, percayalah pada prosesnya, berkomitmen pada diri, buat manajemen waktu, dan konsisten untuk terus mengejar garis finish! Good luck, Runners! Let’s Move and Be Unstoppable!